Kategori:  Berita
Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:10 WIB

Wisuda ke- 3 Akademi Metrologi Dan Instrumentasi, 7 Oktober 2021

Kamis, 7 Oktober 2021, Kementerian Perdagangan menggelar Wisuda Ke-3 Akademi Metrologi dan Instrumentasi, dengan tema "Lulusan Akmet Menunjang Peran Metrologi dan Instrumentasi dalam Percepatan Pemulihan Perekonomian Nasional". Acara digelar dengan menerapakan protokol kesehatan yang ketat di Gedung Serbaguna Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian, Kabupaten Bandung Barat.

Terdapat 61 orang yang diwisuda dengan rata-rata nilai IPK sebesar 3,30 dan yang tertinggi mencapai 3,85.

Selain acara wisuda, 72 purwarupa yang dihasilkan oleh Akmet juga dipamerkan dalam momen tersebut, mulai dari robot hingga instalasi uji meter air. Purwarupa yang dihasilkan dapat digunakan dalam tiga lingkup bidang metrologi nasional yaitu metrologi legal, metrologi industri, dan metrologi ilmiah.

Purwarupa hasil karya Akademi Metrologi Instrumentasi dipamerkan di hadapan Sekjen Kemendag dan tamu wisuda

Selain itu, di sela agenda wisuda juga diadakan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) Pengembangan SDM Kemetrologian oleh Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto dan Bupati Magetan Suprawoto, sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi pelayanan di bidang Kemetrologian di kabupaten/kota.

Penandatanganan MoU tersebut secara simbolis mewakili MoU Kemendang dengan 14 kabupaten/kota yang warganya lolos seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Akmet Tahun 2021.

Keempat belas kabupaten/kota tersebut meliputi Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Bungo, Kabupaten Batubara, Kota Pekanbaru, Kabupaten Magetan, Kabupaten Sukabumi, Kota Malang, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Mamuju Tengah, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Pati, Kabupaten Pidie, dan Kota Serang.

Ruang lingkup MoU mencakup pengembangan sumber daya manusia di bidang kemetrologian melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Tridharma).

Penandatanganan Nota Kesepahaman bersama secara simbolis antara Kementerian Perdagangan dengan 14 Kabupaten Kota diwakili Sekjen Kemendag dan Bupati Magetan