Kategori:  Berita
Selasa, 6 April 2021 - 16:48 WIB

PPSDK Kirimkan Pengajar Untuk Pelatihan Juru Timbang di Purbalingga, Magetan dan Tanah Laut Dalam Sukseskan Gerakan “Satu Nusa Satu Ukuran”

Gerakan “Satu Nusa Satu Ukuran” adalah cita-cita Kementerian Perdagangan untuk membantu peningkatan ekonomi di daerah melalui tertib ukur. Selain untuk memberikan perlindungan kepada konsumen, tertib ukur juga melindungi produsen dari kesalahan timbang yang dapat membawa kerugian. Untuk mewujudkannya, tentu tidak lepas akan kebutuhan SDM juru timbang dan reparatir yang mumpuni. Untuk itu Kementerian Perdagangan mengadakan Pelatihan 1000 Juru Timbang dan Reparatir yang telah dimulai dari akhir tahun lalu dan ditargetkan akan selesai di akhir tahun 2021.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian, turut mendukung dan mensukseskan program pelatihan 1000 Juru Timbang dengan mengirimkan tenaga pengajar dari PPSDK untuk memberikan pelatihan diantaranya; Pelatihan Juru Timbang di Purbalingga pada tanggal 22-23 Maret, Pelatihan Juru Timbang dan Reparatir di Magetan tanggal 23-27 Maret, dan Pelatihan Juru Timbang di Tanah Laut, Kalimantan Selatan pada 29 Maret-2 April 2021 yang lalu. 

Diharapkan dengan pelatihan yang telah diadakan dapat membantu memberikan pemahaman para SDM kemetrologian dalam melakukan pencatatan jenis dan jumlah UTTP, memberikan informasi mengenai pelaksanaan tera atau tera ulang dan penggunaan UTTP, serta mengelola pos ukur ulang, juga membentuk kompetensi SDM yang mampu mereparasi atau memperbaiki UTTP. Selain itu diharapkan pelatihan juru timbang dan reparatir dapat membuka lapangan dalam bidang jasa usaha reparasi alat ukur.